0812 2005 6000

CUSTOM DESAIN MEJA KERJA

FURNITURE, KITCHEN SET, RUMAH, APARTEMEN, KANTOR, KLINIK, KAFE, RESTORAN, PERTOKOAN DLL

CUSTOM DESAIN MEJA KERJA

CUSTOM DESAIN BERBAGAI BENTUK MODEL MEJA KERJA

Meja kerja adalah jenis furnitur yang digunakan untuk mendukung aktivitas bekerja, seperti membaca, menulis, dan menempatkan peralatan kerja lainnya. Dengan berbagai aktivitas yang dilakukan di meja kerja tersebut, maka kelengkapan pendukung fungsi meja kerja juga perlu diperhatikan, seperti tersedianya bagian yang berfungsi sebagai tempat menyimpan berkas dokumen, area private seperti laci untuk meletakan barang penting, alat tulis kantor, serta bagian lain yang dibutuhkan untuk mendukung aktivitas bekerja. Faktor ergonomis menjadi salah satu hal penting dalam mendesain furnitur. Untuk itulah, desain meja kerja sebaiknya disesuaikan dengan karakter dan jenis pekerjaan yang dilakukan pengguna agar nyaman digunakan.

Penataan meja kerja yang baik dapat meningkatkan produktivitas kerja. Sementara penataan yang kurang baik memungkinkan terjadinya penurunan semangat kerja dan progres pekerjaan yang tak kunjung selesai. Penataan meja kerja yang baik meliputi, kondisi meja yang selalu terlihat bersih, dan penataan meja yang terorganisir sehingga memudahkan untuk mencari peralatan kerja. Dalam hal ini dapat dibantu dengan desain meja kerja yang mengakomodir segala jenis kegiatan dalam bekerja. Pemilihan style atau konsep, bentuk, dan material yang sesuai dengan karakter pengguna menambah semangat tersendiri dalam bekerja, seperti style minimalis yang elegan dengan warna-warna netral maupun beberapa warna menonjol dan tekstur material natural yang menghadirkan kesan hangat, atau style klasik dengan menggunakan kayu solid dan warna natural yang menghadirkan kesan mewah.

Selain dari sisi desain, penambahan dekorasi penunjang pun perlu diperhatikan penataannya, seperti frame foto keluarga, list daftar impian maupun target yang ingin di capai, foto tempat liburan favorit, koleksi action figure, dan pernak-pernik kecil yang dapat menjadi moodboster dalam menyelesaikan pekerjaan. Penataan eletrikal yang nyaman pada meja kerja juga diperlukan. Stop kontak dan saklar lampu kerja sebaiknya diposisikan di area yang mudah dijangkau. Peralatan elektronik seperti kabel komputer, charger smartphone, dan barang elektronik lain dapat dikelompokkan tersendiri agar mudah untuk di- maintenance. Untuk menambah kesegaran dalam bekerja, kehadiran beberapa tanaman minimalis dapat diperhitungkan. Salah satu contoh tanaman yang memiliki manfaat dalam mengurangi polusi yaitu, lidah mertua atau sensivera yang dapat mengurangi radiasi dari komputer. Adapun Jenis tanaman minimalis lain yang dapat digunakan untuk menambah kesegaran namun tidak berkesan memenuhi ruang yaitu, tanaman kaktus atau terrarium.

Ruang yang sempit dan tidak proporsional menjadi salah satu kendala dalam tiap penataan ruang. Furnitur standar yang dibuat secara fabrikasi kadang tidak sesuai dengan dimensi ruang yang akan ditata. Banyaknya aktivitas dalam satu ruang mempengaruhi bentuk furnitur yang harus dapat menyesuaikan kebutuhan pengguna, baik dari jumlah orang, jenis kegiatan yang ada dalam satu ruang, dan area sirkulasi yang harus diperhitungkan secara proporsional. Untuk mengatasi hal inilah, terdapat 2 jenis furnitur yang dapat diterapkan pada desain meja kerja sebagai solusi desain pada ruang sempit yaitu, compact furniture dan multi-purpose furniture. Desain furnitur meja kerja dapat disesuaikan dengan karakter dan aktivitas pengguna agar menghasilkan desain yang nyaman dan aman bagi pengguna, baik untuk diaplikasikan di rumah maupun di kantor.

Compact Furniture
Compact funiture adalah jenis furnitur yang memiliki penampilan yang lebih ringkas atau praktis. Furnitur ini membuat berbagai macam fungsi dan aktivitas pengguna dalam satu furnitur menjadi lebih ringkas dan padat. Desain furnitur dengan konsep ini harus mempunyai bentuk yang fleksibel dan mampu menyesuaikan dengan ruangan. Berikut adalah salah satu contoh dari furnitur yang menggunakan konsep ini.

Furniture berbentuk kotak yang ringkas dan dapat di pindahkan sesuai dengan kebutuhan ruang. Pada ilustrasi desain meja kerja diatas terdapat rak buku pada bagian samping dan meja yang dapat dilipat ketika tidak digunakan. Saat meja terbuka terdapat rak yang dapat di letakkan beberapa buku, stationary, dan lampu belajar yang dapat dilipat. Beberapa aksesoris berupa tanaman kecil ataupun action figure dapat diletakkan di rak tersebut untuk menambah mood pengguna dalam melakukan aktifitas di meja ini. Bentuk kotak yang minimalis dengan material HPL motif kayu dan warna putih duco menciptakan kesan elegan pada furnitur. Warna putih yang netral dan warna natural dari motil kayu HPL membuat furnitur dapat disandingkan dengan ruangan warna apapun.

Multi-Purpose Furniture
Multi-purpose furniture adalah penggabungan beberapa fungsi furnitur menjadi satu kesatuan utuh. Berikut adalah beberapa contoh penggabungan beberapa fungsi furniture yang dapat menghemat luas ruangan.

Furniture ini menggabungkan fungsi rak buku, storage atau penyimpanan barang, dan meja kerja menjadi satu kesatuan. Bagian meja kerja yang dapat dilipat jika tidak sedang digunakan dapat memberikan kesan lapang pada ruangan. Menggunakan material kayu dengan kombinasi cat duco warna orange dan putih dapat meredam kesan berat pada furniture yang besar ini. Bagian kotak rak yang besar dapat dimanfaatkan sebagai storage dan dapat ditambahkan box dari rotan yang dapat dipindahkan sesuai dengan keinginan. Pada bagian tengah rak yang berbentuk memanjang dapat diletakkan beberapa frame foto maupun aksesoris lain untuk mempercantik ruangan. Permainan lighting seperti penambahan lampu backlight juga dapat menambah kesan artistik pada furnitur. Pada bagian meja kerja yang dapat dilipat, dapat ditambahkan hidden lamp yang ditanam di rak bagian atas. Penambahan hidden lamp dapat memberikan kesan lapang pada area kerja, sehingga tak lagi memerlukan stand lamp yang memerlukan space tersendiri.

CONTOH LAIN

1. Meja Kerja pada Kamar Tidur
Contoh lain dapat dilihat pada kamar tidur yang mempunyai luasan 3 meter x 3,5 meter. Meja kerja tetap dapat dihadirkan pada kamar ini dengan menggabungkan beberapa fungsi furnitur menjadi satu. Pada salah satu bidang dinding dimanfaatkan secara maksimal untuk dibuat satu furnitur berukuran besar dengan beberapa fungsi. Tinggi furnitur yang mencapai plafon membuat seakan-akan furnitur merupakan bagian dari dinding. Material finishing menggunakan HPL motif kayu yang disusun menyamping, sehingga menciptakan elemen ornamen dekoratif tersendiri di ruangan ini. furnitur terdiri dari bagian wardrobe untuk menyimpan pakaian yang diletakkan dibagian kiri bawah, storage yang diletakkan di bagian atas untuk menyimpan barang-barang yang jarang untuk digunakan, dan area meja kerja pada bagian kanan dengan luas yang masih nyaman untuk bekerja. Pada area kerja terdapat rak untuk menyimpan box file maupun buku-buku. Pada bagian dinding kosong di bawah rak dapat dibuat papan board atau glassboard untuk menulis agenda kegiatan maupun reminder berupa sticky note.

2. Meja Kerja di Bawah Tangga
Area bawah tangga yang sempit dapat dimaksimalkan fungsinya agar tidak terbuang percuma. Salah satu solusi pemanfaatannya dapat dibuat menjadi area kerja dan ruang penyimpanan. Pada ruang kosong bawah tangga, bagian yang paling sempit dapat dibuat storage yang terbuat dari blok papan kayu yang disesuaikan dengan bentuk ruang tangga. Storage bisa dibuat tanpa pintu agar tidak terkesan masif dan berat. Agar terkesan lebih rapi, dapat ditambahkan kotak penyimpanan dari rotan yang bersifat portable, dapat dipindah. Sedangkan bagian bawah tangga yang lebih luas dapat dimanfaatkan sebagai meja dan rak buku tempat penyimpanan berkas-berkas. Meja berbahan papan kayu panjang dapat didesain untuk kapasitas 2 orang sekaligus. Sebagai pembatas kedua area kerja dapat ditambahkan filling cabinet kecil pada bagian bawah meja yang membatasi area kerja secara tidak langsung. Meja yang panjang dapat memberikan kesan lapang dan lega saat digunakan. Penambahan hidden lamp pada rak atas meja untuk menerangi meja kerja ikut menambah kesan lega pada meja. Di atas meja kerja dapat ditambahkan sterofoam atau sponati yang di cat warna untuk menempel notemaupun catatan yang diperlukan. Pada rak buku bagian atas dibuat menyesuaikan kemiringan pada tangga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *